Sales Marketing vs Photographer

image

Banyak cerita menarik memang seputar bisnis fotografi retail, namun sedikit yang menganggap perlu untuk menguak kenyataan tsb dan mencarikan penyelesaian yang win to win solutions atau

setidaknya menjadikan wacana berfikir bagi para manager dan owner bisnis dalam membuat prosedur operational bagi kelancaran bisnis mereka (salah satu unsurnya).

Sales marketing sebagai pihak yang menjadi ujung tombak penjualan, dengan dibebani target yang selalu over estimated tentunya akan melakukan cara apapun agar bisa mencapainya. Disisi lain usur produksi seperti printing, grafik desain, termasuk fotografer, memikul beban moril sebagai profesional dalam menghasilkan kualitas optimal dari apa yang mereka kerjakan, memerlukan ruang gerakĀ  yang cukup untuk menyelesaikannya seperti waktu dan fasilitas yang tersedia.

Dua pendekatan yang berbeda ini tentu saja sudah menunjukan betapa kedua pihak sales marketing dan production sebagai dua sisi yang besebrangan, dua sisi mata uang yang sulit untuk diselaraskan. Lalu bagaimana kita dapat menjadikan mereka sebagi satu team kerja yang dapat bersinergi sebagai satu kesatuan fungsi. Apa yang bisa menjadi dasar prinsip agar keduanya dapat bedampingan, bukan sebaliknya menjadi pihak yang berkonfrontasi, saling gap satu dengan yang lain, debat kusir saat keduanya disatukan dalam sebuah meeting.

Pihak manager dan owner pun memiliki peran yang sangat krusial dalam menciptakan kondisi yang tidak kondusif bagi kedua pihak tersebut. Disadari maupun tidak cara bersikap dengan mereka akan menentukan kondisi apa yang akan tercipta diantara mereka, terlebih parah lagi apabila manager dan owner justru terbawa pemikiran masing-masing pihak yang sifatnya subjektif dan division minded.

Apa yang anda temukan sebagai praktisi dilapangan? Coba utarakan disini karena inipun bagian nyata yang anda temukan sebagai Avatorian sejati.

Pesan Penulis
Jika anda setuju adanya manfaat dari tulisan ini, mohon berikan atensi dengan cara klik Like atau share lebih baik lagi jika anda mengirim comment dibawah ini karena respon anda adalah energi buat penulis demi fotografi di negri ini.
TERIMA KASIH

Advertisements

About avatarfotografi


4 responses to “Sales Marketing vs Photographer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: