Fotografer Bisa Kaya?

image

Pertanyaan bodoh jika anda tahu jawabanya, betulkah begitu? Lalu apa jawabanmu jika pertanyaan itu adalah “Siapa yang tak ingin kaya?” Betulkah itu pertanyaan bodoh? Apakah memang anda tahu jawabannya? Lebih dari itu apakah anda tahu caranya?

Karena menjadi kaya itu adalah misteri buat sebagian besar orang. Tapi tidak untuk beberapa dari mereka yang tahu apa yang harus dilakukan untuk mewujudkannya. Bukan itu saja bahkan tak perlu dipertanyakan karena memang mereka merasakan betapa kekayaan itu sudah datang dengan sendirinya. Ironisnya ada juga yang merasa tak perlu dipertanyakan, karena tahu adalah mustahil memikirkan untuk menjadi kaya sementara yang ada selalu tentang kekurangan dan ketidak-beradaan.

image

Percayakah kamu jika kakayaan itu secara ilmiah telah diketahui bahwa, jika ini tentang uang maka kekayaan, sejatinya adalah karena sifat uang yang selalu mengalir bagaikan air sungai dari tempat yang lebih tinggi ketempat yang lebih rendah. Tempat tinggi itu adalah nilai-nilai non materi dimana dianggap berharga bagi orang tertentu sehingga uang menjadi kalah bernilai dibandingkannya sehingga uang bisa mengalir dari orang tersebut kepada si pember nilai pembanding itu. Mengertikah anda? Contoh sederhana, anda punya sebuah handphone, anda rela melepaskan sejumlah uang yang anda miliki  ketika anda menilai bahwa dengan memilikinya berarti anda akan bisa mendapatkan manfaat lebih dari handphone yang anda beli, dibandingkan menyimpan uang yang anda keluarkan.

Contoh lain anda punya sepasang sepatu, ketika anda ingin menjualnya bukan berarti anda harus menentukan harga agar sepatu anda terjual. Walaupun sepatu itu bekas, tapi jika anda mampu menciptakan nilai-nilai yang lebih tinggi dari harga sepatu anda bahkan dibandingkan ketika sepatu itu masih baru. Bagi orang lain yang melihat nilai tersebut jauh lebih berharga, maka berapa pun uang yang harus dikeluarkan orang akan rela membelinya. Katakan sepatu itu hanya dibuat dalam jumlah terbatas dari produsennya, dan anda adalah salah satu pemiliknya. Atau sepatu tersebut pernah dipakai seorang tokoh idola dan terbukti anda kini memilikinya. Atau sepatu tersebut diberi tanda-tangan orang ternama, dan tak ada yang seberuntung anda sebagai pemiliknya.

Itulah nilai-nilai yang saya maksud, sederhanakan? Jadi mulailah dengan menciptakan nilai-nilai non materi dan jangan hanya berfikir habis modal berapa lalu mau jual berapa? Tentukan selisihnya dan anda sudah beruntung. Kalau ini cara yang anda fikirkan maka kebanyakan orang pun memiliki cara yang sama. Maka tak heran yang namanya bersaing itu masalah harga, kurangi untungnya maka anda dapat pembeli. Akibatnya selama itu anda lakukan selama itu juga anda tidak meciptakan nilai-nilai sehingga anda akan terjebak pada hal-hal kecil karena usaha anda hanya semakin membuat anda sibuk dengan keuntungan kecil yang dibanyak-banyakan agar menjadi besar.

Mau lebih jelas apa dan bagaimana menciptakan nilai-nilai tadi? Berikan atensi kamu dengan klik Like kemudian Share dan add friends di facebook avatarfotografi. Kami akan lanjutkan tulisan ini di artikel berikutnya.

Advertisements

About avatarfotografi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: